loader image
Polrestabes Surabaya bersama Pemkot Akan Bangun Rumah Pendekar dan SuporterPolres Kediri Berhasil Mengamankan 15 Tersangka Penganiayaan Antar Perguruan SilatBeri Penghormatan Terakhir, Kapolres Tulungagung Pimpin Upacara Pemakaman Ps Kanit Reskrim Polsek CampurdaratKapolres Tulungagung : PIRAMIDA, Ajang Komunikasi Koordinasi dan Kolaborasi Kepolisian dengan Awak MediaJalin Silaturahmi, Kapolres Jajaran Polda Banten Kunjungi Makorem 064/MY, Darem; Rumahku Adalah Rumahmu
banner 728x250

Sidak Bea Cukai Blitar Bersama Satpol PP Tulungagung Temukan Ribuan Batang Rokok Ilegal di Tulungagung

Sidak Bea Cukai Blitar Bersama Satpol PP Tulungagung Temukan Ribuan Batang Rokok Ilegal di Tulungagung

banner 468x60

TULUNGAGUNG, AZMEDIA.CO.ID – Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Blitar bersama Satuan Polisi Pamong Praja, Disperindag dan Disnakertrans Kabupaten Tulungagung melaksanakan operasi pemberantasan peredaran rokok tanpa pita cukai resmi di wilayah Kabupaten Tulungagung, Rabu (14/09/2022).

Dalam operasi razia tersebut, petugas gabungan mendapatkan temuan dan menyita ribuan batang rokok ilegal dengan berbagai macam merk tanpa dilengkapi dengan pita cukai resmi.

banner 325x300

Hal ini disampaikan oleh Thomas Edi Purwanto selaku pejabat fungsional pemeriksa Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Blitar.

Thomas Edi Purwanto menerangkan, operasi razia rokok ilegal yang dilakukan petugas gabungan selama 3 (tiga) hari mulai Senin, 12 September hingga Rabu, 14 September 2022 ini menyasar di sejumlah wilayah kabupaten Tulungagung diantaranya Kecamatan Pagerwojo, Rejotangan, Pakel dan Bandung.

Menurut Thomas, dari hasil operasi hari sebelumnya di wilayah Pagerwojo dan Rejotangan, jumlah temuan terbesar yakni pada operasi hari ini di wilayah Kecamatan Pakel dan Bandung. Yang mana saat dilakukan penggeledahan oleh petugas di rumah seorang sales di Desa Gombang Kecamatan Pakel didapati menyimpan ribuan batang rokok ilegal tanpa dilengkapi pita cukai resmi.

“Dibanding operasi kemarin, hari ini diwilayah Desa Gombang, Kecamatan Pakel kita dapati seorang sales berinisial A menyimpan ribuan batang rokok ilegal dirumahnya yang kemudian kita kembangan ke toko yang dititipi oleh pelaku yakni di wilayah Bandung dan kita juga dapati ratusan batang rokok ilegal,” terang Thomas.

Lebih lanjut, Thomas mengatakan. Pelaku yakni seorang sales berinisial A bersama barang bukti ribuan rokok yang diduga ilegal dibawa ke Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Pratama Tulungagung yang berada di jalan Ahmad Yani Tulungagung guna dimintai keterangan lebih lanjut.

“Kita belum tahu untuk jumlah detailnya ada berapa, namun pelaku bersama barang buktinya sudah kita bawa ke kantor untuk kita mintai keterangan lebih lanjut,” ucapnya.

Thomas menuturkan, pihaknya sebenarnya sudah lama melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang kedapatan menyimpan rokok ilegal ini, “karena dalam menjalankan usahanya para pelaku memasarkannya pada toko atau warung di daerah pinggiran,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Tulungagung Wahid Masrur melalui Kabid Penegakan Perda dan Perbup Artista Nindya Putra menyampaikan, sesuai dengan Undang Undang No. 39 Tahun 2007 tentang Cukai yang berbunyi. Barang siapa yang menawarkan atau menjual rokok polos atau rokok tanpa pita cukai, terancam pidana penjara 1 sampai 5 Tahun dan atau pidana denda 2 sampai 10 kali nilai cukai yang harus dibayar.

“Karena ini ancamannya pidana atau denda, kami himbau kepada toko atau warung hendaknya tidak menjual rokok ilegal dan apabila ada sales yang menawarkan atau menitipi jangan mau,” imbaunya.

“Dan apabila masyarakat menemukan peredaran rokok ilegal bisa melaporkan ke kantor bea cukai atau Satpol PP terdekat,” pungkas Kabid Penegakan Perda dan Perbup Satpol PP Kabupaten Tulungagung. (Parno)

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.