loader image
Gelar PIRAMIDA, Kapolsek Kalidawir Ajak Awak Media Turut Serta Wujudkan HarkamtibmasPerhutani Lawu Ds dan BRI Ujicoba Cashles untuk Penyadap Getah Pinus.Wamen BUMN Kunker ke Perhutani KPH Jombang Pastikan ATM Berjalan Efisien Hasil MaksimalKorban Pemerasan Oknum Polisi di Polres Trenggalek Tempuh Jalur Hukum Presiden Harus TauKorban Pemerasan Oknum Polisi di Polres Trenggalek Tempuh Jalur Hukum
banner 728x250

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Program Implementasi Pendaftaran Konsumen Solar JBT dan Pertalite JBKP

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Program Implementasi Pendaftaran Konsumen Solar JBT dan Pertalite JBKP

banner 468x60

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Sekretariat Daerah (Sekda) Tulungagung bersama PT. Pertamina Patra Niaga Kediri menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Program Implementasi Pendaftaran Konsumen Solar Jenis BBM Tertentu (JBT) dan Pertalite Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) tahun 2022. Bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Selasa (9/8/2022).

Hadir dalam acara, Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo,M.M, Wakil Bupati Gatut Sunu Wibowo, S.E., Forkopimda Tulungagung, Sekda Kabupaten Tulungagung, Drs. Sukaji, M.Si, Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Tulungagung, DR. Adi Prasetiya, S.E., M.M., SAM Pertamina Patra Niaga wilayah Kediri dan Madiun Valino, Korda Hiswana Migas wilayah Tulungagung Trenggalek Gustomo, serta narasumber Sales Brand Manager Pertamina Tulungagung, Parrama Ramadhan, S.T.

banner 325x300

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Penyelenggara Rapat Koordinasi dan Sosialisasi tahun 2022, DR. Adi Prasetiya, S.E., M.M., menyampaikan, tujuan dilaksanakannya Rakor dan Sosialisasi tersebut untuk mendukung dan memperlancar pelaksanaan program pemerintah pusat dalam implementasi pendaftaran konsumen solar JBT dan pertalite JBKP.

“Sehingga penggunaan dan pendistribusian nantinya tepat sasaran dan volume tidak melebihi kuota yang sudah ditetapkan,” ucapnya.

Melalui sosialisasi ini, Kabag Perekonomian dan SDA Setda kabupaten Tulungagung berharap, adanya transfer informasi pencerahan dalam implementasi program My Pertamina kepada seluruh lapisan masyarakat, tanpa mengurangi ketersediaan yang cukup di masyarakat.

Selain itu lanjut Adi Prasetiya, untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa ada kewajiban pendaftaran melalui website untuk seluruh konsumen yang ingin melakukan pembelian solar JBT.

“Bagi konsumen roda empat yang ingin melakukan pembelian pertalite JBKP, harus mendaftar melalui website : subsiditepat.mypertamina.id guna mendapatkan QR code transaksi pembelian solar JBT dan pertalite,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tulungagung mengatakan, bahwa berbicara masalah BBM jenis solar JBT dan JBKP merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat.

“Kita tahu bahwa kalau dulu yang namanya kebutuhan primer itu adalah sandang pangan papan, sekarang kebutuhan primer termasuk diantaranya adalah kebutuhan BBM, karena seluruh aktivitas mobilitas yang akan mempercepat gerak daripada koordinasi satu diantaranya adalah kebutuhan BBM,” kata Bupati Maryoto

“Oleh karena itu, menjadi sesuatu yang sangat penting bahwa keberadaan masalah BBM ini sangat berperan dengan kebutuhan masyarakat, yang tentu saja kalau tidak ditata sedemikian rupa akan menjadi sebuah permasalahan sosial perekonomian yang ada di masyarakat,” sambungnya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa, BBM subsidi merupakan produk yang volumenya terbatas dan mempunyai ketentuan konsumen pengguna tertentu, sehingga harus terdata dan terdapat tanggung jawab melekat kepada penggunanya. Terdapat sanksi bagi pelanggar dalam penggunaannya.

Menurut orang nomor satu di kabupaten Tulungagung, pengguna transformasi kendaraan bermotor untuk angkutan orang atau barang volume penyaluran solar JBT dan pertalite BPKP yang terus meningkat, di perkirakan realisasinya akan melebihi kuota nasional.

Hal ini yang menjadikan sebuah persoalan, untuk solar JBT sebesar 17,39 juta Kilo Liter (KL) atau over 15,16% sedangkan pertalite JBKP sebesar 28,5 juta KL atau over 23,6%.

Atas dasar itu, Bupati mengaku sudah melakukan koordinasi dan konsultasi agar disediakan tempat pendaftaran bagi masyarakat untuk membantu mempermudah pemberian layanan kepada masyarakat.

“Saya tadi matur dengan bapak forkopimda, wilayah Tulungagung bahkan di Indonesia juga sama yaitu perkotaan 20 persen dan wilayah desa 80 persen. Sehingga masyarakat masih bingung terhadap aplikasi. Sehingga kalau ada arahan untuk mendaftar di satu tempat itu solusi yang bagus,” tuturnya.

Berdasarkan SK nomor 17 tahun 2019 tentang penerbitan surat rekomendasi perangkat daerah bahwa pembelian jenis BBM tertentu, Bupati menandaskan bahwa, dengan surat rekomendasi yang merupakan syarat wajib yang disertakan dalam pemberian minyak solar JBT pada sektor perikanan, pertanian, usaha mikro, transportasi air, maupun motor tempel, di kabupaten Tulungagung ini dilaporkan sudah ada programnya yakni, industri pangan dan budaya, yang artinya bahwa, di Tulungagung banyak yang mempunyai kegiatan usaha.

“Hal tersebut terbukti iklim Industri Kecil Menengah sebanyak 11.000 lebih, kemudian Usaha Kecil Menengah sebanyak 12.000. Sehingga paling tidak 13.000 sekian, nah ini tentu saja tidak terlepas dari kebutuhan masalah BBM, bahwa Tulungagung yang berbatasan langsung dengan wilayah samudra Indonesia di mana masyarakat kita banyak yang mata pencahariannya bergerak di bidang nelayan,” paparnya.

Bupati menyebut, berdasarkan laporan keseluruhan baik mengenai solar maupun pertalite di Kabupaten Tulungagung sudah melebihi kuota, sehingga perlu ditata agar pemerintah lebih mudah untuk memberikan pelayanan masyarakat.

“Semoga nanti narasumber dapat memberikan satu pengertian karena yang hadir ini adalah stakeholder atau yang berkepentingan terhadap penanganan, baik pelayanan pengendalian penataan kepada warga masyarakat di Kabupaten Tulungagung,” harapnya

Sementara itu, narasumber Sales Brand Manager Pertamina Tulungagung, Parrama Ramadhan, S.T., dalam paparannya menyampaikan bahwa, sosialisasi penggunaan My Pertamina dalam pembelian BBM bersubsidi baik itu pertalite dan solar adalah informasi yang sangat penting yang berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari yaitu BBM.

Ia juga menyampaikan materi terkait mengenai aplikasi BBM pembelian BBM menggunakan web Pertamina. (Parno).

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.