loader image
Jelang Laga Arema FC vs Persebaya,Polres Malang Gelar Forum Silaturahmi bersama StakeholderPolda Jatim Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan PT Pos IndonesiaSenyum Bahagia Penyandang Difabel saat Bertemu Kapolres MojokertoKunker Spesifik Komisi III DPR RI ke Polda Jatim, Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir Apresiasi Program-program Polda JatimGelar PIRAMIDA, Kapolsek Kalidawir Ajak Awak Media Turut Serta Wujudkan Harkamtibmas
banner 728x250

PLN Bakal Bangun Jaringan Listrik Desa di 89 Titik Berbeda

PLN Bakal Bangun Jaringan Listrik Desa di 89 Titik Berbeda

banner 468x60

JATIM.AZMEDIA.CO.ID – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur bakal membangun jaringan listrik desa di 98 lokasi atau titik di wilayah setempat pada 2022. Jaringan listrik itu dibangun melalui Program Listrik Desa sebagai bagian komitmen mewujudkan akses listrik yang merata.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran di Surabaya, akses listrik merata itu dilakukan di wilayah 3T atau terdepan, terluar dan tertinggal.

banner 325x300

Ia mengatakan, jaringan listrik desa di 98 lokasi itu akan menyuplai kurang lebih 13.296 pelanggan termasuk di kepulauan, dengan panjang jaringan tegangan rendah (JTR) 295,07 kms, jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 147,94 kms dan 89 unit trafo kapasitas 8.850 KVA.

Dikatakannya, selama proses pembangunan dari mulai perizinan hingga pengoperasian, PLN akan menggandeng stakeholder terkait. Mulai dari pemerintah desa, tokoh masyarakat hingga aparat keamanan.

“Dengan sinergi hingga level terendah ini menunjukkan komitmen dan kesungguhan PLN berkolaborasi bersama pemerintah mewujudkan pembangunan,” katanya.

Lasiran berharap, dengan hadirnya listrik di lokasi-lokasi terluar tersebut dapat meningkatkan perekonomian dan kemajuan daerah.

Sementara itu, ia mencatat hingga pertengahan Maret 2022, PLN telah menyambungkan listrik di sebanyak 16 dusun yang belum berlistrik.

Sebanyak 16 dusun itu berada di Bangkalan, Sampang, Kangean, Ponorogo, Tulungagung, Bojonegoro, Tuban, Probolinggo dan Bondowoso telah dioperasikan jaringan listrik PLN.

“Untuk 16 lokasi itu menyuplai kurang lebih sebanyak 896 pelanggan. Selanjutnya pada bulan ini pula, akan bertambah pengoperasian di 9 lokasi dusun belum berlistrik. Harapan kami, Ramadhan ini mereka dapat beribadah dengan nyaman dan khusyuk dengan adanya listrik,” katanya.

Ia berharap adanya listrik ini dapat meningkatkan pembangunan di sektor lainnya, sehingga daerah tersebut semakin tumbuh. (Prn/Jatim)

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.