loader image
Gelar PIRAMIDA, Kapolsek Kalidawir Ajak Awak Media Turut Serta Wujudkan HarkamtibmasPerhutani Lawu Ds dan BRI Ujicoba Cashles untuk Penyadap Getah Pinus.Wamen BUMN Kunker ke Perhutani KPH Jombang Pastikan ATM Berjalan Efisien Hasil MaksimalKorban Pemerasan Oknum Polisi di Polres Trenggalek Tempuh Jalur Hukum Presiden Harus TauKorban Pemerasan Oknum Polisi di Polres Trenggalek Tempuh Jalur Hukum
banner 728x250

Kapolres Tulungagung Resmi Lounching Satgas PPA

Kapolres Tulungagung Resmi Lounching Satgas PPA

banner 468x60

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID – Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto SIK MH secara resmi melounching Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kabupaten Tulungagung, bertempat di Aula SAR Polres Tulungagung. Senin (25/7/2022).

Dalam sambutannya, Kapolres Tulungagung menyampaikan, salah satu tugas Satgas PPA adalah bersama sama melaksanakan sosialisasi di institusi pendidikan yang ada di Kabupaten Tulungagung dengan audiensi guru, orang tua dan murid.

banner 325x300

“Satgas nantinya akan menggencarkan ajakan kepada masyarakat untuk bersama menentang terjadinya aksi pencabulan/kekerasan terhadap perempuan dan anak, baik melalui media cetak maupun media sosial,” terang Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto.

Selain itu menurut Kapolres, Satgas berperan mengantisipasi terjadinya aksi pencabulan / kekerasan yang dilakukan dengan mengatas namakan SARA yang dapat menimbulkan konflik sosial atau gejolak di masyarakat.

“Untuk itu, Satgas PPA dalam tugasnya juga memberdayakan Bhabinkamtibmas beserta tiga pilar desa setempat untuk rutin melaksanakan pengawasan dan sosialisasi kepada institusi pendidikan termasuk ditempat mengajar – mengaji,” tambahnya.

Bukan itu saja Kapolres juga menandaskan, Satgas PPA agar membuat hotline khusus untuk melaporkan kasus pencabulan terhadap anak khususnya di wilayah kabupaten Tulungagung, sehingga dapat segera tertangani dengan cepat.

“Bagi masyarakat yang mengetahui atau merasa menjadi korban kekerasan seksual atau pencabulan jangan takut untuk melaporkannya atau bisa langsung mengadukan dengan menghubungi ke nomer Call Center kami 0812 9080 2002,” tandasnya.

Dan untuk penanganan korban, Satgas PPA nantinya juga akan menyiapkan healing untuk menghilangkan trauma kepada para korban pencabulan dan membuka layanan konsultasi psikologi terhadap orang tua korban pencabulan.

“Tentunya saya tidak bisa bekerja sendiri, maka nantinya saya akan berkoordinasi dengan Pemkab Tulungagung untuk dibuatkan satu tempat khusus seperti Safety House atau Trauma Healing Center,” ujarnya.

Dengan adanya Satgas PPA yang telah terbentuk tersebut Kapolres meminta kepada seluruh stakeholder yang ada di Tulungagung untuk saling bersinergi dengan berkolaborasi yang baik dalam penanganan kasus kasus terhadap perempuan dan anak.

“Jadi yang saya tekankan adalah memberikan sosialisasi, pemahaman, edukasi pada masyarakat Tulungagung yang belum paham terhadap kekerasan pada perempuan dan anak,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pejabat dari instansi yang terkait diantaranya, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, PPPA, Kemenag, LPA, LBH Kartini, Peksos Kemensos RI, Puspaga (Konseling), PJU Polres Tulungagung.(Parno)

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.