loader image
Jelang Laga Arema FC vs Persebaya,Polres Malang Gelar Forum Silaturahmi bersama StakeholderPolda Jatim Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan PT Pos IndonesiaSenyum Bahagia Penyandang Difabel saat Bertemu Kapolres MojokertoKunker Spesifik Komisi III DPR RI ke Polda Jatim, Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir Apresiasi Program-program Polda JatimGelar PIRAMIDA, Kapolsek Kalidawir Ajak Awak Media Turut Serta Wujudkan Harkamtibmas
banner 728x250

Kabar Gembira, Total 10 M BLT DBHCT Segera Disalurkan Dinsos Tulungagung Mulai Bulan Ini

Kabar Gembira, Total 10 M BLT DBHCT Segera Disalurkan Dinsos Tulungagung Mulai Bulan Ini

banner 468x60

TULUNGAGUNG, AZMEDIA.CO.ID – Pemerintah melalui Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung memastikan akan segera menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang anggarannya bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) Kabupaten Tulungagung Tahun 2022.

Setidaknya, BLT – DBHCT ini akan diberikan kepada 7000 lebih pekerja buruh pabrik rokok dan petani (pekebun) tembakau di Tulungagung yang bakal menerima bantuan tunai. Adapun Alokasi anggaran yang disiapkan pemerintah mencapai Rp 10 Milyar.

banner 325x300

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tulungagung Drs, Suyanto, MM saat dikonfirmasi AZMEDIA.co.id di Kantor Dinas Sosial setempat, Jumat (16/09/2022).

“Sesuai aturan, Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) akan disalurkan, digunakan untuk buruh pabrik rokok dan petani tembakau,” ucap Suyanto.

Lebih lanjut, Suyanto mengatakan Dinsos saat ini sudah mempersiapkan alur dan proses pencairan. Aturan pelaksanaan pencairan BLT – DBHCT akan diatur dengan SK Bupati Tulungagung.

“Secepatnya dalam bulan ini (September) sudah mulai disalurkan, dan mudah – mudahan nanti tidak ada kendala,” ujarnya.

“Sebelumnya anggaran itu dibagian perekonomian, karena ada aturan dari Kemendagri yang mengatakan bahwa untuk DBHCT disalurkan melalui Dinsos, ya kita terima. Yang penting sesuai dengan kriteria dan aturan yang ada,” imbuh Suyanto.

Adapun kriteria penerima BLT – DBHCT, Suyanto menjelaskan yakni untuk petani tembakau dan pekerja buruh pabrik rokok warga Kabupaten Tulungagung.

“Yang berhak mendapatkan bantuan tunai nantinya adalah khusus bagi petani tembakau dan buruh pabrik rokok warga Tulungagung sesuai dengan yang ada di KTP, kalau buruh yang ber KTP di luar Tulungagung ya tidak dapat,” jelasnya.

Dari total anggaran DBHCT senilai Rp 10 Milyar yang akan disalurkan Dinsos Tulungagung kepada 7000 lebih penerima manfaat, masing – masing akan mendapatkan sebesar Rp 200 ribu yang akan diterimakan setiap bulan selama 7 Bulan.

“Sedangkan pencairannya nanti melalui Bank Jatim terdekat sesuai dengan wilayahnya, dari jumlah 7000 lebih sekian penerima manfaat yang sudah terdata akan segera mendapatkan semua,” tandasnya. (Parno)

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.