loader image
Gelar PIRAMIDA, Kapolsek Kalidawir Ajak Awak Media Turut Serta Wujudkan HarkamtibmasPerhutani Lawu Ds dan BRI Ujicoba Cashles untuk Penyadap Getah Pinus.Wamen BUMN Kunker ke Perhutani KPH Jombang Pastikan ATM Berjalan Efisien Hasil MaksimalKorban Pemerasan Oknum Polisi di Polres Trenggalek Tempuh Jalur Hukum Presiden Harus TauKorban Pemerasan Oknum Polisi di Polres Trenggalek Tempuh Jalur Hukum
banner 728x250

Hadiri Grebeg Suro Sedekah Bumi Pantai Gemah, Ini Harapan Bupati Tulungagung

Hadiri Grebeg Suro Sedekah Bumi Pantai Gemah, Ini Harapan Bupati Tulungagung

banner 468x60

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID – Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM. dan Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo, SE. hadiri dan menyaksikan Grebeg Suro Sedekah Bumi Pantai Gemah, yang diselenggarakan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lejar Misuwur, Desa Keboireng, Kecamatan Besuki. Sabtu (30/7/2022).

Acara yang sempat vakum tiga tahun karena pandemi covid-19 ini digelar di pelataran Pantai Gemah, diawali dengan pertunjukan seni tari Gambyong serta seni bela diri pencak silat dari padepokan Cipto Rukun.

banner 325x300

Bupati Tulungagung dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan rutin tahunan ini bertujuan membantu pemerintah dalam memajukan pariwisata guna peningkatan perekonomian masyarakat di sekitar Pantai Gemah dan Pantai Bayem.

“Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus melestarikan warisan budaya leluhur yang dimiliki oleh masyarakat pesisir Jawa,” ucap Maryoto.

“Kegiatan ini juga sebagai ungkapan rasa syukur kehadirat Tuhan YME atas limpahan hasil laut dan hasil bumi,” sambungnya.

Bupati Maryoto juga berpesan kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut menjaga ketertiban, keamanan serta kebersihan kawasan Pantai Gemah dan sekitarnya, agar kegiatan pariwisata dapat terus berjalan dengan baik.

Sementara itu, Kepala Desa Keboireng, Supirin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan dukungan Bupati Tulungagung beserta jajaran sehingga acara Grebeg Suro di Pantai Gemah dapat terselenggara.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, kekompakan masyarakat dapat terjaga dalam rangka memajukan wisata Pantai Gemah dan sekitarnya,” harapnya.

Acara dilanjutkan dengan Kirab Tumpeng Agung berbentuk gunungan berisikan berbagai macam hasil bumi, baik sayur mayur maupun buah-buahan, yang diarak keliling Pantai Gemah diiringi oleh gerak seni pencak silat dan reog gendang.

Diakhir acara, masyarakat sekitar dengan antusias mengambil berbagai macam hasil bumi yang berada pada Tumpeng Agung, yang diyakini apabila dapat mengambilnya akan memperoleh keberkahan.

Turut hadir pada acara ini, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Sekda Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tulungagung Drs. Bambang Ermawan, S.Pd., M.Pd bersama Kepala Perangkat Daerah terkait. (Prn)

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.