loader image
Jelang Laga Arema FC vs Persebaya,Polres Malang Gelar Forum Silaturahmi bersama StakeholderPolda Jatim Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan PT Pos IndonesiaSenyum Bahagia Penyandang Difabel saat Bertemu Kapolres MojokertoKunker Spesifik Komisi III DPR RI ke Polda Jatim, Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir Apresiasi Program-program Polda JatimGelar PIRAMIDA, Kapolsek Kalidawir Ajak Awak Media Turut Serta Wujudkan Harkamtibmas
banner 728x250

Bupati Tulungagung Resmikan Pembukaan Pekan Panutan PBB – P2 Tahun 2022

Bupati Tulungagung Resmikan Pembukaan Pekan Panutan PBB - P2 Tahun 2022

banner 468x60

TULUNGAGUNG.AZMEDIA.CO.ID – Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM meresmikan pembukaan Pekan Panutan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan/ Pedesaan (PBB-P2) Kabupaten Tulungagung yang diselenggarakan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tulungagung, bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Rabu (30/03/2022) Siang.

Menurut Bupati Maryoto, kegiatan ini merupakan momentum awal bagi kita selaku ASN untuk memberikan contoh kepada masyarakat dalam pembayaran PBB P-2 di Kabupaten Tulungagung.

banner 325x300

“Pekan Panutan Pembayaran PBB P-2 ini diselenggarakan, karena kita perlu menyamakan persepsi sebagai ASN yang sadar dengan kewajiban bernegara dalam pencapaian pemenuhan Pajak Daerah khususnya PBB P-2 di Kabupaten Tulungagung,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bupati Tulungagung juga menyampaikan, dalam rangka peningkatkan pelayanan pembayaran PBB-P2, Pemda telah melakukan inovasi dan hadir lebih dekat dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memenuhi kewajiban membayar Pajaknya.

“Mulai tahun 2021, pembayaran PBB-P2 bisa dilakukan melalui seluruh unit Bank Jatim, BRI, Bank Mandiri, BNI, Kantor Pos dan bahkan sudah merambah ke BUMDesa,” ujar Maryoto.

Selanjutnya, Bupati Maryoto juga menjelaskan, untuk pembayaran non tunai bisa dilakukan melalui aplikasi online atau online shop.

“Seperti Tokopedia, Alfamart, Ovo, GO Pay atau Bank Jatim melalui J Connect Mobile, Bank Mandiri melalui aplikasi Livin’ by Mandiri, BNI melalui BNI Mobile Banking serta Kantor Pos melalui aplikasi POSPAY,” terangnya.

Bupati berharap, dengan bertambahnya channel pembayaran PBB ini, bisa memberikan kemudahan kepada wajib pajak yang terkendala dengan minimnya tempat pembayaran PBB P-2 di kabupaten Tulungagung.

“Ini namanya kemajuan digitalisasi melalui IT dan yang paling penting masyarakat sadar akan kewajibannya dalam membayar pajak. Maka kemudahan-kemudahan ini perlu disampaikan,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tulungagung Endah Inawati, SE, MM mengatakan, maksud dilaksanakannya pekan panutan ini adalah ajakan dalam melakukan pembayaran PBB P-2 Tahun Pajak 2022, yang mana bisa kita persamakan sebagai pekan percontohan.

“Maksud dari kegiatan ini, menyampaikan ke masyarakat, bahwa SPPT PBB P-2 Tahun Pajak 2022 telah tercetak dan terdistribusikan di Kecamatan yang kemudian diteruskan ke Pemdes dan Kelurahan selanjutnya disampaikan kepada wajib pajak,” ucapnya.

Selain itu, Pekan Panutan Pembayaran PBB P-2 juga bertujuan mengimbau kepada masyarakat bagi yang telah menerima SPPT untuk segera dicek. Sehingga jika terjadi kesalahan, bisa segera dilakukan pembetulan.

“Pembetulan bisa dilakukan secara kolektif melalui desa atau kelurahan, dan akan lebih baik lagi jika diajukan sendiri melalui UPT Pelayan PBB P-2 dan PBB DBHC,” jelas Endah.

Lebih lanjut, Endah Inawati menyampaikan, Bapenda Tulungagung menargetkan penerimaan pajak tahun 2022 sektor PBB P-2 Rp 37,8 miliar rupiah.

“Tercatat ketetapan secara keselurahan sebesar Rp. 37.894.166.685.000 dengan jatuh tempo ditetapkan pada 22 September 2022,” kata Endah.

Menurut Endah, besaran ketetapan PBB P-2 Tulungagung tahun 2022 tidak ada perubahan secara signifikan dibandingkan ketetapan PBB P-2 tahun 2021.

“Tahun ini di Tulungagung terdapat 661.980 yang terdaftar sebagai wajib pajak PBB P-2,” ujarnya.

“Semoga capaian PBB P-2 tahun 2022 lebih baik daripada tahun kemarin, terutama capaian desa dan kelurahan lunas PBB P-2,” pungkas Endah.

Di sela rangkaian acara, dilaksanakan penyerahan penghargaan Lunas PBB-P2 Tercepat secara simbolis oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM kepada para Camat selaku pemangku wilayah yang mewakili Desa dengan berhasil mendapat predikat Lunas Tercepat PBB-P2 Tahun 2021.

Adapun turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Asisten Administrasi Umum Setda Tulungagung Dra. Imro’atul Mufidah, M.Si, Camat se Kabupaten Tulungagung, Jajaran Pemdes/Kelurahan, serta Kepala Perangkat Daerah dan Stakeholder terkait. (Parno)

banner 325x300
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.